Prinsip Pembelajaran Quantum Teaching
Salah satu upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada berbagai mata pelajaran di sekolah, perlu adanya penelitian tindakan kelas yang sifatnya lebih inovatif agar pembelajaran yang terjadi lebih bisa dinikmati siswa dengan penuh semangat dan gairah, agar siswa lebih punya motivasi untuk lebih giat belajar. Model pembelajaran yang sesuai adalah Quantum Teaching.
Dengan adanya pembelajaran yang bersifat kreatif dan menyenangkan sebagaimana dituntut dalam pembelajaran Quantum Teaching, maka siswa akan merasa mudah mempelajari berbagai mata pelajaran di sekolah, karena ketika belajar itu menyenangkan pada akhirnya kemampuan belajar siswa akan meningkat dan nilai pelajaran akan mencapai ketuntasan. Quantum teaching memiliki lima prinsip (Deporter, 2008:7) adalah sebagai berikut :
5 Prinsip Pembelajaran Quantum Teaching
1. Segalanya Berbicara
Segalanya dari lingkungan kelas hingga bahasa tubuh, dari kertas yang dibagikan hingga rancangan pelajaran semuanya mengirim pesan tentang belajar.
2. Segalanya Bertujuan
Semua yang terjadi dalam penggubahan kita mempunyai tujuan.
3. Pengalaman sebelum Pemberian Nama
Otak kita berkembang pesat dengan adanya rangsangan kompleks, yang akan menggerakkan rasa ingin tahu. Oleh karena itu, proses belajar paling baik terjadi ketika siswa telah mengalami informasi sebelum mereka memperoleh nama untuk apa yang mereka pelajari.
4. Akui Setiap Usaha
Siswa patut mendapat pengakuan atas kecakapan dan kepercayaan diri mereka.
5. Jika Layak Dipelajari, Maka Layak Pula Dirayakan
Perayaan memberikan umpan balik mengenai kemajuan dan meningkatkan asosiasi emosi positif dengan belajar.
Demikain 5 Prinsip Pembelajaran Quantum Teaching sesua dengan prinsip yang dikemukakan oleh Deporter dalam bukunya tahun 2008 halaman 7.